Spell Your Name, Please

Posted on Mar 18 2014 - 10:39am by KPAJ Makassar

Hayo, siapkan selembar kertas dan pulpen. Kemudian adik – adik harus menulis kosataka bahasa inggris yang diketahui. Misalnya “blue – biru”. Waktunya 1 menit.

Begitulah kak Kiky memulai Sekolah Ahad pagi itu. Kak Kiky merupakan seorang profesional (sebutan untuk pengajar) dari “Kelas Inspirasi” Makassar, yang juga mentor bahasa inggris. Memulai kelas dengan menulis kosakata yang diketahui bertujuan untuk mengetahui kemampuan masing-masing adik dalam penguasaan vocabulary bahasa inggris. “Selain itu juga, untuk mengklasifikasikan kemampuan adik-adik agar di Sekolah Ahad berikutnya khusus pelajaran bahasa inggris, mereka dikelompokkan sesuai kemampuannya,” begitu kata kak Kiky.

Satu menit terlewati, namun bukan Pasukan Bintang namanya kalo tidak pandai berkelit. Teman – teman volunteer  mesti terlibat tarik ulur dengan mereka. Memohon perpanjangan waktu dengan alasan tidak punya alat tulis, tidak punya kertas, belum menulis nama pada lembaran, merasa masih kurang dengan isian mereka, sampai belum sempat nyontek, begitulah alasan – alasan mereka. Tapi akhirnya kertas isian berhasil dikumpulkan. Beberapa anak yang sama sekali tidak mengisi dan mengumpul lembaran, mendapat “hukuman” untuk tampil di depan, sambil menyebutkan apapun kosakata bahasa inggris yang diketahui.

2014-03-16-4253_1

Suasana Sekolah Ahad, 16 Maret 2014

Usai pemanasan dengan vocabulary, masuklah dipelajaran yang sesungguhnya. Adik-adik diminta kembali untuk mengingat materi alphabet, sembari menulis huruf serta cara pelafalannya yang pernah diajarkan oleh kakak-kakak FKBS, yang karena beberapa kesibukan tidak sempat mengisi materi bahasa Inggris di Sekolah Ahad kali ini.

Dan kembali untuk mengukur kemampuan adik-adik PB kemudian diarahkan mengeja nama mereka sendiri, dengan lafal bahasa inggris (spelling). Seolah ingin membuktikan, ternyata banyak dari mereka yang dengan lancar mengeja namanya…hebat! Meskipun tak sedikit pula yang mengeja namanya dengan bantuan contekan. Ya namanya juga sedang belajar.

Hingga tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10.45 WITA, pertanda kegiatan belajar akan usai. Setelah berdoa makan dan diakhiri dengan doa pulang, adik – adik PB pun berpamitan pulang. Terima kasih buat teman – teman volunteer yang sudah meluangkan waktunya untuk ikut berbagi ilmu bersama adik – adik PB. Sampai ketemu di Sekolah Ahad selanjutnya.

Ah iya seusai sekolah ahad, sebuah kabar menyenangkan menghampiri KPAJ. Setelah sebelumnya, KPAJ bekerja sama dengan teman – teman dari FKBS (Forum Kampung Bahasa Sulawesi) untuk membantu mengajar adik – adik PB bahasa inggris sekali dalam sebulan, kali ini FKBS menawarkan kursus reguler secara gratis ke beberapa adik PB yang benar – benar memerlukan bantuan. Aha, terima kasih!

Siapa tahu ada yang ingin kursus 🙂

Leave A Response