Senyum Dan Tawa Di 4 Tahun KPAJ

Posted on Feb 19 2014 - 4:46pm by KPAJ Makassar

Hujan cukup deras mengguyur kota Makassar sedari subuh membuat pengurus KPAJ deg-degan. Pagi itu kami berencana membuat syukuran sederhana dengan tema “outbound” bersama adik – adik Pasukan Bintang (PB) dan beberapa sahabat KPAJ, dalam rangka 4 tahun sudah kita bersama.

Fajar mulai menyingsing, hujan perlahan mereda. Kami bergegas mulai mempersiapkan tempat. Tapi tak lama kemudian, hujan kembali turun. Sebagian orang tetap bertahan hingga basah kuyup di area permainan, memasang perlengkapan acara. Kegiatan outdoor yang tadinya direncanakan mulai pukul 10.30, terpaksa mundur 30 menit, dan berpindah tempat di dalam gedung IPTEKS Unhas.

Selamat Datang buatan adik - adik PB

Selamat Datang buatan adik – adik PB

Pukul 11.00 WITA acara dimulai. Dibuka dengan tarian Paduppa oleh adik – adik PB.

1958557_10201389877848974_797974328_n

Hasil latihan 1 minggu 🙂

Sepatah dua patah kata dari ketua KPAJ

1799217_10200835912414666_1904556362_o

Rahmaniar, Ketua KPAJ 2014/2015

Spesial perform dari adik – adik Sokola Pesisir

1

Mari bernyanyi bersama

Drama dengan judul “Peri dan Taman Bintang” oleh adik – adik Pasukan Bintang.

Foto by @lontaraa

Foto by @lontaraa

Pukul 13.20 WITA, setelah jeda makan siang dan sholat, acara kembali dilanjutkan. Saatnya memulai outbound. Sekitar 40 adik – adik Pasukan Bintang (ditambah 14 adik dari Sokola Pesisir) dibagi menjadi 5 kelompok, yang berisi 10-11 anak. Setiap kelompok akan didampingi oleh kakak – kakak komunitas, yaitu:

– Kelompok 1 (Langit) didampingi oleh kakak – kakak dari Makassar Berkebun
– Kelompok 2 (Matahari) didampingi oleh kakak – kakak dari Blogger Anging Mammiri
– Kelompok 3 (Pelangi) didamping oleh kakak – kakak dari Forum Kampung Bahasa Sulawesi (FKBS)
– Kelompok 4 (Meteor) didampingi oleh kakak – kakak dari Penyala Makassar
– Kelompok 5 (Planet) didampingi oleh kakak – kakak dari Jalan – Jalan Seru Makassar

foto by @iPulG_

foto by @iPulGs

Setiap kelompok disuruh membuat yel – yel, dan akan dinilai oleh volunteer yang hadir.

Kelompok Matahari (foto by @ni_husniah)

Kelompok Matahari (foto by @ni_husniah)

Kelompok Langit (foto by @iPulGs)

Kelompok Langit (foto by @iPulGs)

Setelah itu, masuk ke permainan ular tangga. Permainan ini khusus untuk kakak – kakak pendamping kelompok. Jika kena ular, harus turun dan menjawab pertanyaan seputar KPAJ yang boleh dicari jawabannya di web KPAJ.

Foto by @ni_husniah

Foto by @ni_husniah

Puas tendang menendang dipermainan ular tangga, saatnya mengadu kekuatan otot lewat tarik tambang. Di sini adik – adik akan bekerja sama dengan kakak pendampingnya. Setiap kelompok diwakili oleh 13 orang.

Foto by @iPulGs

Foto by @iPulGs

Pakaian mulai kotor dengan tanah yang becek selepas hujan, tapi permainan belum selesai. Masih ada permainan mencari harta karun. Permainan ini terbagi 5 pos. Masing – masing kelompok akan diberi potongan peta pertama, dan harus bisa melewati tantangan di 5 pos untuk mengumpulkan potongan – potongan peta secara lengkap. Peta tersebut yang nantinya akan digunakan untuk mencari harta karun. Dan potongan peta pertama yang didapat oleh setiap kelompok akan diarahkan ke pos yang berbeda – beda, agar tidak saling tubrukan.

Sebelum memulai tantangan di pos, adik – adik diberi kesempatan 5 menit untuk menjawab soal – soal yang pernah dipelajari selama Sekolah Ahad. Ada 5 soal dimasing – masing pos, dan tantangan yang berbeda – beda. Kakak – kakak pendamping juga diberi kesempatan masing – masing 1 kali per-orang di 1 pos untuk membantu.

– Pos merah/pink. Soal agama, seperti: apa rukun islam ke-3? Sebutkan 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui. Tantangan 7 menit: mencari koin dalam tepung basah yang diberi pewarna makanan.
– Pos kuning. Soal IPS, seperti: sebutkan minimal 5 nama pahlawan Indonesia, 3 makanan khas dan tari tradisional Sulawesi Selatan. Tantangan 5 menit: meniti jembatan bambu (keseimbangan)
– Pos hijau. Soal bahasa inggris, seperti: bahasa inggris hijau, masjid, besar, ungu. Tantangan 7 menit: penjara tali. Adik – adik harus mencari cara untuk keluar tanpa menyentuh tali
– Pos biru. Soal (cerita) matematika, seperti: Budi membawa 18 kuda miliknya ke sungai, dan Rudi juga membawa 24 kuda miliknya ke sungai yang sama. Berapakah jumlah kaki kuda yang ada di sungai?. Tantangan 15 menit: spyder net.
– Pos orange. Soal IPA, seperti: apa yang dimaksud dengan ovipar, ovivipar dan ovovivipar?. Tantangan 5 menit: merayap tutup mata melewati tali – tali.

Setelah melewati semua tantangan dan melengkapi potongan peta, mereka harus mencari letak harta karun yang telah ditanam di 5 tempat yang berbeda – beda. Kelompok yang berhasil mendapatkan harta karun, harus berlari mengambil bendera merah putih sebagai tanda.

Foto by @ni_husniah

Selain area bermain, ada juga pojok donasi yang memamerkan hasil – hasil kerajinan tangan adik – adik Pasukan Bintang, dan juga hasil “bongkar kamar”.

Foto by Dini dan @vbyutami

Foto by Dini dan @vbyutami

Sungguh, bagi kami ini hari yang sangat menyenangkan. Bisa bermain, berbagi senyum dan tawa bersama adik – adik, dan juga sahabat – sahabat KPAJ. Hari yang akan mengabadi dalam ingatan. Sebuah acara sederhana, yang banyak sekali dibantu oleh tangan – tangan tulus. Untuk itulah, ijinkan kami menghanturkan terima kasih yang tak terhingga pada:

1. Tante Mama Wisnu dan kak Naluri Insani, donasi yang masing – masing 500 ribu. Uangnya terpakai untuk makan siang, kue – kue, dan belanja kebutuhan acara.

2. Kak Riri yang hampir setiap malam dengan sabarnya mengajar adik – adik menari Paddupa. Kak Tenri P. Bungawalia (Unga) yang sudah repot – repot membuatkan baju untuk menari. Dan aksesorisnya dapat pinjaman dari Kossaster KMFS Unhas. Ditambah, bosara dari Himpunan Sastra Indonesia IMSI KMFS Unhas.

3. Squad Makassar, untuk peminjaman seperangkat peralatan landing dan tali tambangnya.

4. Donasi perlengkapan sekolah dari Sahabat Indonesia Berbagi (Sigi) Makassar.

5. Spesial perform dari adik – adik Sokola Pesisir, yang pada akhirnya dibajak untuk ikut main dan kotor – kotoran bersama adik – adik Pasukan Bintang.

6. Bantuan kelengkapan perlengkapan acara yang saking banyaknya sampai susah disebut satu persatu. Seperti: wireless pinjaman dari kak Mail KPI (Keilmuan dan Penalaran Ilmiah), mahkota peri untuk drama dibuat oleh kak Wahid, toa-nya Kammi Komsat Unhas, tambahan spanduk bekas radio kampus Unhas, tambahan jilbab teman – teman asrama Etos, dan masih banyak lagi.

7.  Kejutan menyenangkan yang membuat haru pengurus KPAJ ….. kue tart dari hasil patungan ibu – ibunya Pasukan Bintang

8. Tidak disangka juga, pagi – pagi diantarkan sekantong besar Budapest Durian dari kakak @BudapestDurian yang baik hati. Budapestnya enaaakkkkkk.

9. Kak Ical Hamzah – Joeys, untuk latihan nyanyinya. Meskipun tidak sempat tampil gara – gara bongkar hadiah :D.

Dan juga…

9. Teman – teman komunitas yang sudah tabah dan sabar yang mendampingi adik – adik bermain:
Makassar Berkebun … seringnya mencangkul kebun sudah terbukti ditarik tambang kemarin \o/
Forum Kampung Bahasa Sulawesi (FKBS) … ada soal bahasa inggris di pos hijau, dan kayaknya adik – adik masih perlu belajar lebih sering lagi, hehehe.
Blogger Anging Mammiri … diminta tampilkan yel-yel kelompok, malah menyanyi 1 lagu. Yel – yel, kakak, bukan lagu 😛
Penyala Makassar … menit – menit terakhir di permainan ular tangga kena tendang itu menyakitkan ya kak? ihihihi.
Jalan – Jalan Seru Makassar … diakhir pencarian harta karun, ada yang lupa sama kelompoknya :D.

10. Kak Anto, dek Riki PB dan kak Wuna yang sudah hujan – hujanan membantu memasang perlengkapan. Juga ada kak Taqo dan kak Ilyas yang jadi juri dan jaga pos.

11. Teman – teman komunitas. Dan juga semua volunteer yang sudah datang mewarnai keceriaan ahad kemarin. Maaf kalau ada yang tidak sempat disapa. Jangan pernah bosan untuk datang lagi, dan lagi di kegiatan KPAJ.

Serta tentu saja…

Pengurus KPAJ yang sudah rela mencurahkan segala tenaga, pikiran, dan materinya untuk kelancaran acara ini. Ntah berapa banyak kalimat “kapan rapat? ini sudah? yang ini belum? stressku” yang terucap selama mempersiapkan acara, hahaha. Tapi lelah itu terbayar lunas di hari itu kan? Tetap selalu semangat semuanya \o/

photo

Kue dari ibu2 adik Pasukan Bintang :’)

Foto by @iPulGs dan @lontaraa

Foto by @iPulGs dan @lontaraa

Sekali lagi, terima kasih semuanya. Terima kasih sudah berbagi senyum dan tawa di 4 tahun KPAJ. Mari tetap bergandengan tangan dan terus bergerak positif untuk Makassar (dan Indonesia) yang lebih baik.

Sampai jumpa dikegiatan KPAJ selanjutnya.

“>

**cerita lain tentang 4 tahun KPAJ, bisa juga dibaca di:
http://angingmammiri.org/2014/02/seru-seruan-di-4-tahun-kpaj/
http://nurhusniah.blogspot.com/2014/02/kebahagian-masa-dewasajungkir-balik.html

1 Comment so far. Feel free to join this conversation.

  1. Muh. Akhsan 25/02/2014 at 10:57 pm - Reply

    Betul2 aksi yang nyata… salut buat kanda fajri dan org2 yg trlibat didalamnya. sungguh perbuatan yg mulia, mungkin suatu saat sy dapat bergabung merasakan keceriaan anak2 jalanan yg ada di kota makassar. semoga si buah hati bs melanjutkan perjuangannya bro… dan semoga kebaikan ini menjalar di kota2 lainnya yang akhirnya akan membentuk komunitas pecinta anak jalanan nasional. amiiinn…

Leave A Response