Sejarah

Komunitas Pecinta Anak Jalanan atau yang biasa disebut KPAJ, berdiri pada tanggal 15 Februari 2010 melalui media sosial (facebook), adalah komunitas yang terbentuk dari keresahan melihat anak – anak jalanan, yang dalam usia sekolah mereka turun ke jalan untuk mencari sesuap nasi. Padahal tidak jarang dari mereka mempunyai potensi besar dan mereka juga mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran seperti halnya anak – anak yang lain.

Group KPAJ ( Komunitas Pecinta Anak Jalanan) ini dibuat oleh seorang mahasiswa Teknik Sipil 2004 Universitas Hasanuddin Makassar, bernama Nur Fajri Arifin, yang pada akhirnya didaulat menjadi ketua KPAJ. Komunitas ini terbuka dan mengajak siapa saja yang merasa prihatin melihat kondisi anak jalanan dan ingin memberikan kontribusi nyata.

Setelah banyak yang peduli di group tersebut, diadakan pertemuan perdana yang dihadiri oleh 9 orang berlangsung di gedung IPTEKS Unhas pada tanggal 08 April 2010. Dan tanggal 10 – 11 April dengan dana Rp. 40.000 mulai melakukan pendataan anak – anak jalanan disekitar kawasan Tamalanrea Unhas (mulai dari tempat perbelanjaan Top Mode hingga Makassar Town Square). Pencarian data tidak hanya berpusat pada sang anak, akan tetapi juga dengan mendatangi rumah mereka satu persatu. Pada saat itu diperoleh sekitar 20 anak jalanan yang putus sekolah.

Dan tanggal 18 April 2010 di gedung IPTEKS, dimulailah kegiatan belajar mengajar untuk pertama kalinya, dihadiri oleh 12 anak jalanan. Kegiatan tersebut bernama Sekolah Ahad, yang kemudian menjadi kegiatan rutin setiap hari ahad hingga saat ini dengan tema yang berbeda – beda setiap pekan.

Anak binaan yang pernah ikut dalam kegiatan KPAJ terdaftar sebanyak 57 orang, dimana yang aktif secara rutin sekitar 10 – 35 orang. Dan sukarelawan/volunteer pengajar berasal dari berbagai universitas dan profesi pekerjaan.

Agar kerja-kerja KPAJ lebih terarah dan terorganisir dibentuklah tim pengurus perdana KPAJ :
Ketua : Nur Fajri Arifin
Wakil Ketua : Muh. Arfandi
Sekretaris : Amirullah Abdullah
Wakil sekretaris : Murniati Adama
Bendahara : Faiqatunnisa Machmud
Wakil Bendahara : Rezkiani Mangatta

Dan 4 Kompartemen :
1. Pendidikan & Pelatihan : Koord : Erniyati Mustakim
2. Enterpreneur & Fundrising : Koord : Amry Dasar
2. Humas & Jaringan : Koord : Arif Ardiansyah
3. Web & Media : Koord : Mutiah Arsyuddin
**Masing-masing Kompartemen memiliki anggota tim.