Peringatan Hari Guru Bersama Adik-adik Pasukan Bintang

Posted on Dec 1 2017 - 7:37pm by KPAJ Makassar

Sejak pukul 09.00 pagi WITA anak-anak jalanan KPAJ (Komunitas Pecinta Anak Jalanan) yang disapa adik – adik pasukan bintang berkumpul di area danau Universitas Hasanuddin (Minggu, 26/11/2017).  Rindangnya  pohon-pohon yang menaungi adik-adik pasukan bintang dan kehadiran kakak-kakak KPAJ, semakin menambah semangat belajar di Minggu pagi yang cerah. Pagi itu Adik-adik akan belajar mengenal sosok guru, serta mengungkapkan kreatifitas lewat Puisi.

Sebelum mulai belajar adik-adik pasukan bintang dengan beralaskan tikar plastik duduk melingkar, dengan wajah-wajah antusias mereka mendengarkan penjelasan dari Kakak Ramli dan Kak Ira yang memaparkan tentang Hari Guru dan sosok guru, serta pendampingan langsung oleh Kak Ilmi, Kak Arisandy dan  Kakak-kakak Volunteer yaitu Kak Tutu, Kak Dika Ramayana, Kak Masni, Kak Asma, dan Kak Marni. Setelah menjelaskan pemaparan kakak-kakak KPAJ, adik-adik kemudian menuliskan karangan mengenai kesan dan pendapatnya mengenai sosok guru mereka di sekolah ataupun yang ada di lingkungannya.

 

Adik-adik pasukan bintang berkumpul bersama di Sekolah Ahad.

Kegiatan selanjutnya adalah belajar tentang Puisi, bukan hanya berlatih merangkai kata-kata indah, adik-adik juga membacakan puisi secara langsung. Rehan salah satu adik pasukan bintang awalnya tampak malu-malu, namun bocah berusia 9 tahun itu akhirnya bisa membacakan puisinya dengan percaya diri. Sebelumnya memang adik-adik pasukan bintang dibagi atas tiga kelompok, dan setiap kelompok memiliki perwakilannya untuk membacakan puisi di depan umum. Sebagai akhir kegiatan berpuisi, Kak Ramli membacakan puisi  tentang Palestina, dan pembacaan salah satu puisi dalam buku kumpulan puisi oleh Kak Ilmi.

Pembacaan puisi oleh adik-adik pasukan bintang

Pembahasan tentang guru tersebut sebagai bagian turut sertanya KPAJ dalam memperingati Hari guru pada tanggal 25 November 2017 kemarin. Menjelang siang hari, Kak Ira dan Kak Ramli menjelaskan mengenai kesabaran seorang guru serta harapannya pada adik-adik Pasukan Bintang agar optimis dan semangat dalam belajar. Dika salah satu adik pasukan bintang, mengungkapkan pendapatnya bahwa semua orang bisa menjadi guru dan berbagi ilmu yang dimiliki sehingga bermanfaat.

Sebagai mana diketahui bahwa pada awalnya adik-adik pasukan bintang adalah anak-anak jalanan yang turun ke jalan dan tempat-tempat umum untuk mencari nafkah namun seiring dengan kehadiran sekolah ahad, adik-adik yang sebagian besar berdomisili di sekitar Jalan Perintis Makassar itu mulai menyukai kegiatan belajar sambil bermain dengan beragam tema yang disajikan oleh Kakak-kakak KPAJ setiap minggunya.

Karena anak-anak jalanan juga penerus generasi bangsa yang nantinya akan menjadi bagian dari sumber daya manusia di masa depan. Seperti kota-kota lain di Indonesia, Kota Makassar juga muncul fenomena Anak jalanan. Mungkin sulit menghilangkan fenomena ini, namun dengan kerjasama dan semangat semua pihak yang ikut berpartisipasi, kita pasti bisa mengikis permasalahan tersebut.

 

 

Leave A Response