Pasukan Bintang Ujian Paket A

Posted on Jul 26 2011 - 10:21am by KPAJ Makassar

Berawal dari tanggal 1 Mei 2011 kami mendapat kabar kalau beberapa Pasukan Bintang bisa ikut ujian paket A pada akhir Mei. Cukup kaget, karena tadinya kami ke Dinas Pendidikan Provinsi hanya untuk bertanya tentang syarat – syarat ujian paket A. Dan saat itu kepala dinas non formal Ibu Hidayati meminta kami untuk memasukkan data – data PB yang akan diikutkan ujian paket A ini. Setelah data dimasukkan, selang 1 bulan kemudian kami dikabari kalau PB bisa ikut ujian. Rasa syukur menyelimuti yang kemudian berganti kecemasan. Kesebelas PB ini kemampuan ilmunya jauh dibawah anak – anak yang bersekolah formal. Tapi sudah kepalang basah. Nama 11 PB sudah terdaftar. Ditambah lagi, kata ibunya tahun depan syarat ikut ujian paket akan lebih diperketat, akhirnya kami pun segera menyusun rencana, PB yang akan ikut ujian akan belajar setiap hari di Rumah KPAJ.

Kelas paket

Senin – Jumat PB kami menemani PB belajar matematika, bahasa indonesia dan IPA. Pelajaran – pelajaran itu yang katanya akan diujiankan. Dan beberapa hari menjelang akhir Mei, kami mendapat kabar kalau ujian paket A diundur sampai pertengahan bulan Juni. Ya sudah, kelas paket pun tetap dilanjutkan.

Mendekati pertengahan bulan Juni, kabar jadwal ujian paket kembali terdengar, yang lagi – lagi diundur sampai bulan Juli. Ditengah ketidakpastian jadwal ujian, kelas paket tetap berjalan. Hikmahnya adalah kami jadi punya ketambahan waktu untuk mengajari PB. Dan di bulan Juli akhirnya kami memperoleh kabar bahwa ujian paket A sudah pasti, yaitu tanggal 12 – 14 Juli 2011.

Tanggal 11 Juli kami ke Dinas Pendidikan Kota untuk mengambil kartu tes PB, setelah sebelumnya 09 Juli kami kesana dan disuruh kembali pada hari senin (11/07/11). Masalah kemudian muncul. Nama -nama PB tidak ada. Bingung, panik mulai menyelimuti. Kami mulai membagi tugas. Ada yang ke dinas pendidikan kota dan ada yang ke dinas pendidikan provinsi. Akhirnya setelah hampir 5 jam berada di kantor pemerintahan itu, kartu tes PB keluar juga. Alhamdulillah.

Sambil menunggu kartu tes, kami melihat jadwal ujian. Ada PPKN dan IPS ternyata. Kamipun hanya bisa pasrah. PB tidak kami ajarkan 2 pelajaran itu karena kami tidak tahu akan diujiankan. Akhirnya dengan modal Bismillah, kamimelangkah maju bersama PB.

Hari H (12/07/2011) Pukul 11.00 WITA kami sudah berkumpul di rumah KPAJ. Hanya 9 PB yang datang. 2 PB tidak ada, yang 1 sejak awal sudah mengundurkan diri dengan berbagai macam alasan, dan yang 1nya esok harinya akan ke Malaysia menjadi TKI. Dan pukul 12.00 dengan menyewa angkutan umum, kami pergi ke tempat tes, yaitu SD Inpres Perumnas yang terletak di Tamalate 6. Cukup jauh dari rumah KPAJ.

Alhamdulillah 3 hari terlewati. Setiap selesai ujian hanya bisa tersenyum mendengar cerita PB tentang ujiannya. Tetaplah semangat adik – adikku. Kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan juga berdoa. Sekarang saatnya menyerahkan sepenuhnya pada Allah, DIA-lah yang akan memutuskan yang terbaik untuk kalian.
*sampai saat ini kami belum mendapat kepastian kapan pengumuman hasil ujian*

Rumah KPAJ. Sebelum berangkat ujian.

 

Hari pertama (12/07/11)

 

Hari kedua (13/07/11)

 

Hari ketiga (14/07/2011)

 

Makan coto sesudah ujian (traktiran kak Erny)

Leave A Response