Merayakan Maulid di Rumah Belajar KPAJ

Posted on Dec 5 2017 - 9:07pm by KPAJ Makassar

Alunan ayat suci Al-qur’an terdengar di Rumah Belajar Komunitas Pecinta Anak Jalanan (KPAJ) Makassar. Rumah Belajar tersebut merupakan Rumah singgah, dan tempat bagi anak-anak jalanan untuk menerima ilmu dan bimbingan dari para anggota maupun volunteer KPAJ.

Sebelum mengaji dan menulis, adik-adik PB  menerima pengarahan dan berbagi cerita dengan tim pengurus maupun Volunteer KPAJ yang hadir  sejak pagi hingga siang hari, diantaranya Lilis, Ramli, Eka, Dayat, Masni, Ira, Ega, dan Bina.

Rumah singgah KPAJ yang berlokasi di Kompleks Perdos Unhas tersebut penuh dengan suka cita. Anak-anak jalanan binaan KPAJ yang disapa adik-adik Pasukan Bintang (PB), meramaikan Minggu pagi dengan membaca Al-qur’an. Adik PB yang sudah beranjak remaja membaca setengah Juz, sedangkan adik PB yang masih kecil dan masih dalam tingkat bacaan Iqro, melanjutkan bacaannya dan berlatih menghafal doa harian (Minggu, 3/12/2017).

Setelah menyelesaikan bacaan Al-qur’annya, adik-adik PB atas arahan tim pengurus maupun volunteer KPAJ kemudian menuliskan tulisan berupa pandangan secara langsung mengapa harus mencintai Rasulullah saw.

Dayat, dari divisi Humas KPAJ sedang menjelaskan tentang Maulid Nabi Muhammad saw

Adik-adik pasukan Bintang mengumpulkan tulisan tangan mereka

Suasana tenang saat membaca Al-qur’an bersama di Rumah Belajar KPAJ

Andika, salah satu adik PB yang sudah beranjak remaja mengatakan bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi yang manjadi panutan manusia di dunia. Dia telah bersusah payah menyebarkan agama Islam, dan rela mati demi Islam.” Demikian tulisan Andika mengenai Rasulullah saw.

Setelah menuliskan tulisannya adik PB, mendapatkan  pendampingan langsung. “Karena perlu diluruskan kalimat-kalimat berikutnya,” tutur Dayat dari Divisi Humas KPAJ.

Kegiatan di Rumah Belajar hari itu merupakan kegiatan yang khusus dilaksanakan untuk pembelajaran dan bimbingan bagi adik-adik PB yang dikenal dengan sekolah Ahad, sekaligus dirangkaian dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw pada hari yang sama.

Leave A Response