Menggosok Gigi Dengan Benar Bersama Pasukan Bintang

Posted on May 11 2013 - 7:31am by KPAJ Makassar

Ahad 5 mei 2013, tepi danau Universitas Hasanuddin ramai dengan sorak sorai pasukan bintang. Alam sekitar yang masih hijau memberi energi yang positif bagi mereka untuk terus menimba ilmu, terlebih lagi tema hari ini tentang kesehatan yang dibawakan oleh kakak dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas dibantu kakak volunteer yang hadir hari ini. Melihat salah satu kakak yang membawa contoh kerangka mulut dan gigi, Pasukan bintang (PB) langsung tahu bahwa hari ini mereka akan lebih paham lagi tentang bagaimana cara menggosok gigi yang benar. menjaga kebersihan dan kesehatan gigi baik diajarkan pada usia dini.

Suasana Sekolah Ahad

Suasana Sekolah Ahad

Nyaris semua orang sudah tahu bahwa wajib menyikat gigi dengan pasta gigi minimal dua kali sehari jika ingin gigi selalu sehat.Menggosok gigi dengan benar dapat membantu mencegah radang gusi, gigi berlubang, penyakit gusi, dan lainnya. sebelumnya satu-persatu PB diajak untuk menirukan cara menggosok gigi versi mereka dirumah, dan ternyata masih banyak yang perlu pasukan bintang ketahui tentang cara menggosok gigi yang benar. Menggosok gigi secara vertikal sangat dianjurkan sebab menyikat gigi secara horizontal ternyata beresiko menyebabkan abrasi gigi.

Kakak volunteer mengajarkan cara menggosok gigi

Kakak volunteer mengajarkan cara menggosok gigi

 

menggosok gigi versi adik PB

menggosok gigi versi adik PB

Mereka juga diajarkan secara signifikan bagaimana menggosok gigi bagian depan, samping, atas, bawah, dan belakang. Setelah mengetahui cara tersebut mereka semakin semangat mencontohkan cara menyikat menggunakan rangka mulut tadi. Kelas kecil diisi dengan memberi soal pilihan ganda dan esai kepada pasukan bintang tentang cara menjaga kesehatan gigi yang telah dijelaskan tadi. Sekolah ahad selesai dan mereka jadi tidak sabar untuk mengaplikasikan pelajaran cara menggosok gigi hari ini di rumah masing-masing.

Ditulis oleh: Tari Artika Sari | Pengurus KPAJ | Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya 2011, Universitas Hasanuddin

Leave A Response