Mendongeng ala KPAJ

Posted on Mar 14 2012 - 10:55am by KPAJ Makassar

Di zaman serba digital sekarang ini kebiasaan mendongeng sudah semakin terkaburkan. Sebagian besar anak-anak lebih memilih untuk bermain game online, ataupun menghabiskan waktu luang mereka untuk menonton acara televisi, ketimbang mendengarkan dongeng ataupun membaca buku cerita. Padahal begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan mendongeng tersebut, misalnya mempererat hubungan antara orang tua dan anak-anaknya, menstimulus jiwa petualangan anak-anak, menambah pengetahuan baru, menumbuhkan minat baca anak dan lain-lain. Media mendongeng juga merupakan suatu media yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai moril kepada anak-anak.

Hal inilah yang coba diterapkan pada Ahad pagi 11 Maret 2012 kemarin. KPAJ bekerja sama dengan perpustakaan punggung, belajar gembira di sekolah ahad. Kak Eka, kakak dari perpustakaan punggung membawakan buku dongeng dan buku cerita bergambar untuk adik-adik Pasukan Bintang (PB). Bukunya juga beragam, tentang flora dan fauna, tentang beberapa penemuan penting dan fiksi.

Kak Risma sedang mendongeng di kelas besar

Saat sekolah ahad berlangsung, adik-adik didampingi oleh kakak-kakak volunteer untuk membaca buku ditangan mereka masing-masing. Ada yang lancar membaca, ada yang masih mengeja huruf per huruf, dan ada pula yang hanya memerhatikan gambar dan teman-temannya saja. Tidak semua serius dan mampu membaca dengan lancar memang, ini karena perbedaan latar belakang pendidikan. Ada yang sudah duduk di kelas 3-6 SD, dan ada juga yang masih duduk di kelas 1 atau kelas 2 SD.

Setelah diberi kesempatan untuk membaca dan memahami isi dari buku yang mereka baca, PB diminta untuk menceritakan kembali isi dari buku mereka masing-masing. Dan untuk menambah motivasi bagi adik PB, diberikan rewards berupa nonton bareng film Negeri 5 Menara kepada 5 adik yang bisa menceritakan kembali isi buku yang mereka baca.

Mita, salah satu PB sedang berdongeng

Dari beberapa PB yang menceritakan kembali isi buku yang dibacanya, nah ini dia adik-adik yang beruntung ikut nonton bareng Film Negeri 5 Menara: Ipul, Ramlang, Mita, Mila dan Askar.
Untuk adik-adik yang lain jangan kecewa, tetap semangat yaaaa.
*Terima kasih buat kak Faiqatunnisa yang sudah memberikan tiket nonton.

Memeriahkan hari sekolah ahad kemaren, bertepatan dengan hari ulang tahun PB Salim, kakak dan adik-adik PB mengadakan syukuran kecil-kecilan berupa makan kue bersama. Walaupun dirayakan dengan sederhana dan seadanya, akan tetapi hal itulah yang bisa menambah kedekatan kakak-kakak dan adik-adik PB.

 

Ditulis Oleh: Rika Vebrianti Rahmat | Mahasiswa Psikologi 2006 Universitas Negeri Makassar.
Dan penulis berhak mendapatkan 1 tiket nonton bersama Pasukan Bintang.

Leave A Response