Memasuki usia ke-2

Posted on Feb 21 2012 - 10:47am by KPAJ Makassar

Tanggal 15 Februari 2012 KPAJ tepat berusia 2 tahun. Pada malam harinya beberapa pengurus sempat berkumpul disebuah tempat dibilangan pettarani. Malam itu, saling bercerita apa saja hingga berujung pada rapat kecil membicarakan KPAJ kedepannya.

KPAJ tentu saja identik dengan pasukan bintang. Karena itulah tidak lupa merencanakan untuk berbagi kebahagiaan bersama adik – adik. Syukuran kecil – kecilan akhirnya direncanakan akan diadakan pada tanggal 19 Februari 2012, bertepatan dengan sekolah ahad.

Berbagai persiapan dilakukan pada hari sabtu (18/02/2012).Merancang beberapa permainan dan juga membungkus kado untuk pasukan bintang yang berisi peralatan sekolah.

Kado buat pasukan bintang

Keesokan harinya (19/02/2012), sekolah ahad dengan tema “berbagi ceria ditahun ke-2 bersama pasukan bintang” pun dimulai pada pukul 08.30 Wita. Seperti biasa dibuka dengan kelas besar. Disinilah sekaligus memulai permainan pertama, yaitu “putar kado”.

Permainannya sederhana, kado yang sudah dipersiapkan diputar keliling lingkaran sambil bernyanyi beberapa lagu anak – anak. Seorang kakak nantinya akan memberi instruksi dengan bertepuk tangan sekali, sebagai penanda lagu berhenti. Ketika lagu berhenti, kadopun akan ikut berhenti. Pemegang terakhir akan diminta naik kedepan untuk memberi kesan dan pesannya selama belajar di KPAJ.

Permainan pertama

Sekolah ahad sempat terhenti sejenak ketika waktu menunjukkkan hampir pukul 10.00 Wita. Sebanyak 13 adik beranjak ke gedung Graha Pena untuk mengikuti kelas Akademi Berbagi for kids. Disana selama 2 jam mereka bersama anak – anak yang lain belajar berkreasi dari bahan clay.

Akademi Berbagi for kids

Hasil pasukan bintang

Foto bersama

Seusai kelas Akademi Berbagi for kids, adik – adik kembali ke samping danau Unhas dan melanjutkan bermain di sekolah ahad.

Permainan kedua, yaitu memecahkan balon yang berisi pertanyaan. Pertanyaannya seputar KPAJ, sekolah ahad, dan pasukan bintang.

Permainan ke-2

Kemudian dilanjutkan dengan permainan ke-3, mencari koin Rp. 200 sesuai dengan usia KPAJ didalam tepung.

Permainan ke-3

Ketiga permainan telah selesai dimainkan. Sampailah disesi potong kue. Ramlang sebagai pemimpin pasukan bintang dipersilahkan memotong kue dan potongan pertama diberikan pada kak Erny (koordinator pendidikan di KPAJ). Sayang kuenya tidak sempat dicicipi lebih banyak karena keburu dihancurkan adik – adik.
*Oiya, terima kasih buat kak Fidhyah yang tanggal ulang tahunnya sama dengan KPAJ. Terima kasih sudah berbagi bingkisan untuk adik – adik.

Kue ulang tahun sederhana KPAJ dan pasukan bintang

Dua tahun sudah KPAJ berbagi ilmu bersama pasukan bintang. Banyak hal yang telah dilalui bersama. Suka, duka bercampur jadi satu. Belum banyak memang yang bisa dilakukan. Masih banyak PR yang belum terselesaikan, masih banyak kekurangan sana sini. Tapi inilah yang sudah dan bisa KPAJ lakukan selama 2 tahun.

Ditanggal 15 kemarin, ada banyak ucapan semangat dan doa dari berbagai media sosial (twitter, facebook bahkan dimilis blogger Angging Mammiri). Tanpa bantuan orang – orang, KPAJ sadar tidak akan bisa melalui ini semua. Jadi, sekali lagi terima kasih pada para sukarelawan yang sudah bersedia membantu mengajar, donatur yang menyisihkan rejekinya untuk keperluan belajar, para orang tua asuh pasukan bintang, semua yang sudah mendoakan serta memberi semangat, dan para pengurus yang tidak pernah lelah untuk memberi yang terbaik. Terima kasih semuanya.

Komunitas ini adalah milik semua. Karena didalamnya bukan hanya kami, tapi kita. Ada saya – kamu – dia – mereka. Ya, kita semua (dengan tanpa embel apapun). Mari tetap berbagi bersama adik – adik yang membutuhkan uluran tangan kita.

Tahun ke-2. Bismillah.

Leave A Response