Ke Negeri Dongeng Yuk, Kak

Posted on Sep 25 2014 - 11:40am by KPAJ Makassar

Seperti biasa, sekolah ahad hari ini diawali dengan doa sebelum belajar yang dipimpin satu orang adik Pasukan Bintang. Setelah baca doa, Kak Taripun membuka sekolah ahad hari ini. “ada yang tahu apa tema sekolah ahad hari ini?” beberapa adik mengangkat tangan, ada juga yang langsung nyeletuk “mengapa ular piton ti.. tidak berbisa” teriaknya sambil membaca sampul buku yang dipegang kak Tari. Jadi, hari ini sekolah ahad edisi 21 September 2014 temanya adalah “Berdongeng”. Di kelas besar, dijelaskan apa itu dongeng dan apa tema dongeng yang nanti akan dibacakan kepada adik-adik.

IMG_20140921_105912

Setelah kelas besar, adik-adik dibagi ke dalam kelas kecil dan diserahkan kepada satu atau dua kakak volunteer yang akan mendampingi mereka. Di kelas kecil, masing-masing kakak mulai membacakan dongeng dengan cara dan gaya yang berbeda-beda. Hari ini tema dongeng yang dipilih adalah tentang binatang, ada yang mendapat dongeng “mengapa tokek berbunyi tokek”, “mengapa nyamuk sering terbang didekat telinga”, “alasan kucing dan tikus sering bertengkar” dan lain lain. Dongeng-dongeng tersebut, selain ceritanya menarik juga banyak hikmah yang bisa dipetik dari ceritanya. Berdongeng merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat anak paham terhadap sesuatu yang ingin diajarkan atau disampaikan. Anak-anak juga cenderung suka dengan cara ini karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan cerita.

IMG_20140914_095714

Kembali ke kelas besar, setelah mereka mendengarkan dongeng. Satu orang dalam setiap kelompok harus naik menceritakan dongeng mereka, setelah menceritakan dongengnya adik-adik yang lain bisa ikut berbicara mengenai hikmah yang didapatkan dari dongeng tersebut. Begitu seterusnya untuk semua kelompok. “jadi mengapa kucing dan tikus sering bertengkar?” tanya kakak, “karena tikus membohongi dan menipu kucing kak”. Jawab adik-adik hampir serempak, “nah.. jadi berbohong dan menipu orang lain itu tidak baik yah, nanti orang yang dibohongi bisa membenci kita”. Pasukan bintang mengangguk-angguk beberapa ada yang berteriak “iya kak”.

Dan Sekolah Ahad KPAJ siang itu pun berakhir. Sampai ketemu di pekan berikutnya.

Leave A Response