Gabung di Komunitas Pecinta Anak Jalanan

Posted on Aug 9 2011 - 10:08pm by KPAJ Makassar

Kemarin, saya dan beberapa teman dari LPM PENALARAN UNM bertugas untuk melaksanakan penelitian lembaga. Penelitian itu di fokuskan pada fenomena Anak Jalanan, sehingga kami harus turun langsung ke lapangan untuk mengamati secara langsung dan untuk mendukung kegiatan agar berjalan lancar, kami bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Anak Jalanan. Awalnya penelitian ini akan berjalan biasa-biasa saja. Namun anggapanku salah saat bertemu dengan teman-teman KPAJ, serta beberapa anak jalanan.

Kesan pertama, “HEBAT!!!”

Mereka hebat, baik KPAJ maupun anak jalanan. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari senyum sederhana mereka, serta semangat yang kuat untuk terus menjalani hidup yang terkadang terlihat tak adil.

Anak jalanan itu punya nama lain, “Pasukan Bintang”, nama para anak jalanan yang kami temui kemarin. Semoga mereka nantinya akan menjadi bintang yang memiliki cahanya sendiri, menghiasi langit dan menerjemahkan indahnya malam lewat setiap berkas cahaya yang dipersembahkan.

Kemudian kami berbincang-bincang dengan teman-teman KPAJ, mendengar sejarah, masalah, dan pengalaman-pengalaman bersama PB, semuanya seru menurut saya. Sehingga saya tertarik untuk bergabung dengan mereka. Ingin melihat Pasukan Bintang menghargai namanya, melihat mereka hingga benar-benar menjadi bintang.

“Nama saya Muhammad Saipul, Mallang biasa panggil saya Ipul” Saat Ipul memperkenalkan dirinya,

Ipul namanya, salah satu anggota PB yang terlihat lebih aktif di banding yang lainnya. Saat diberi kesempatan untuk bergabung untuk mengawasi salah satu anggota PB, saya memilih Ipul.

“Ipul itu banyak bicara sekali, harus pi sabar!” Itu pesan kakak saat aku menyebut pilihanku.

“Oke lah.!!”

Sebelumnya, di kelas kecil aku juga berbincang dengan Ipul, mengajarnya perkalian dan belajar membaca. Kupikir Ipul adalah salah satu anak yang nantinya bisa menjadi bintang, meskipun saat ini dia masih kesulitan untuk membaca. Masih sulit membedakan huruf b dan d, huruf p dan d.Tapi saya yakin, ini hal mudah yang nantinya akan Ipul lalui. Dia punya cita-cita jadi pemain sepak bola, pas saya tanya tentang TIMNAS, ternyata 11 Pemain inti namanya di hafal.

Mantap.!!!

Semangat Pul..!!

Rajin belajar…,

Ipul bisa jadi peserta Olimpiade Matematika, Fisika, Biologi nantinya., Amiiin.

Sebelum dzuhur, kami berkunjung di Rumah KPAJ : Jl. Bung, Perumahan Bung Permai Blok AD No 8, Makassar. Di tempat itu, kami melihat karya-karya PB yang serba kreatif di bimbing oleh KPAJ semua menjadi terlihat bersemangat. Siang itu, PB dan KPAJ akan membuat es buah, yang nantinya akan dijual namun sayang kami harus pulang lebih awal karena ada agenda lain yang harus di kerjakan teman-teman peneliti.

Akhirnya, saya mendapat foto yang diupload di grup FB KPAJ,

Semangat…!!!

es buah “CERIA”

Bagi teman-teman yang lewat silahkan beli Es Ceria, atau ada yang mau pesan silahkan. Karena dengan beli itu berarti kita telah berbagi bahagia dengan mereka, seluruh hasilnya nanti akan menjadi dana untuk persiapan lebaran mereka.

ditulis oleh : Wawan Kurn |LPM PENALARAN UNM

2 Comments so far. Feel free to join this conversation.

  1. triie 14/12/2015 at 7:07 pm - Reply

    Mau ka gabung
    Bagaimna caranya??

    • KPAJ 22/12/2015 at 10:37 am - Reply

      Hallo kak Triie. Silakan datang langsung ke kegiatan belajar mengajar KPAJ, kak. Namanya Sekolah Ahad. Setiap Ahad pagi, mulai jam 9-11an, di depan gedung Ikatan Alumni Unhas.

      Ditunggu kedatanganta’, kak 🙂

Leave A Response