Evaluasi : Ada apa dengan Laut?

Posted on Dec 17 2015 - 8:55pm by KPAJ Makassar

Hujan datang lebih pagi hari ini. Meskipun masih gerimis-gerimis kecil, daun-daun sekitar danau Unhas ini satu dua telah basah. Adik-adik yang datang lebih awal bukannya berteduh malah asyik bermain bola di depan Gedung Ikatan Alumni (GIA) Unhas, lokasi Sekolah Ahad seperti biasa. Melihat salah seorang kakak volunteer menghampiri, mereka bubar bermain. Kak Tari sebagai Penanggungjawab hari ini, ahad (6 Desember 2015) meminta mereka berbaris untuk memeriksa perlengkapan yang mereka bawa. Lima bintang untuk adik-adik yang lengkap membawa peralatan berupa buku, pulpen, dan air minum serta kuku yang bersih dan datang tepat waktu. Bintang-bintang ini nantinya akan diakumulasi setiap bulan untuk memberi mereka reward, penghargaan atas disiplin yang telah dilakukan.

Setelah memeriksa perlengkapan, adik-adik duduk dengan rapi dan siap menerima pelajaran hari ini. Seorang adik memimpin teman-temannya untuk berdoa, doa sebelum belajar. Seperti biasa, sebelum memasuki pelajaran pekan ini, kelas dibuka dengan menanyakan pelajaran pekan lalu. Khusus untuk pekan ini, karena merupakan pekan evaluasi maka Kak Tari menanyakan pelajaran selama lima pekan yang telah berlalu. Dua bulan sebelumnya, tim pendidikan menyusun konsep tema besar yang sama untuk setiap pekan. Khusus satu bulan kemarin tema besar yang diangkat adalah laut. Jadi, semua mata pelajaran yang dibawakan setiap pekan harus berhubungan dengan laut, menarik bukan?.

3982

Kak Tari mulai bertanya pelajaran apa saja yang dibawakan selama lima pekan sebelumnya. Mereka rata-rata masih mengingat dengan jelas isi pelajaran serta kakak yang membawakan materi. Untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diangkat tema periskop yakni teropong yg dilengkapi cermin dan lensa, seperti yg dipasang pada kapal selam. Untuk mata pelajaran Agama Islam, diangkat tema dongeng yakni dongeng tentang Nabi Musa dan Nabi Yunus. Sedangkan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adik-adik diuji pengetahuannya untuk membedakan pulau dan kepulauan, laut dan pesisir, dan sebaginya.

Setelah flashback sedikit tentang materi-materi yang pernah diberikan selama sebulan, kak Tari mulai membagi mereka ke dalam tiga kelompok. Jenis evaluasi kali ini dibuat berbeda. Untuk menguji pemahaman adik-adik tentang mata pelajaran yang telah diberikan, Kak Tari telah membuat soal cerdas cermat untuk mereka. Soal cerdas cermat dibagi ke dalam dua jenis yakni pernyataan benar atau salah yang harus mereka jawab beserta alasan dan soal esai yang rumit. Pertanyaan dibacakan, setiap ketua kelompok yang telah dipilih berlomba mengacungkan tangan untuk mendapat giliran awal menjawab pertanyaan. Jika jawaban salah, pertanyaan akan dilempar kepada kelompok lain.

3307

Permainan selesai, 20 soal terjawab dengan benar oleh tiga kelompok yang bersaing. Skor mereka sangat beda tipis. Satu hal yang mengagumkan adalah meskipun soal yang dibuat sebenarnya rumit, ternyata mereka mampu menjawab dengan baik dan benar. Bahkan ada jawaban soal yang dibuat oleh Kak Tari yang kurang tepat dan akhirnya dikoreksi oleh adik-adik. Evaluasi dengan tema besar laut akhirnya selesai. Untuk pekan depan dan selanjutnya akan diusung tema besar lain agar cara belajar adik-adik selalu inovatif.

Seperti biasa setelah kak Tari menyimpulkan pelajaran hari ini, adik-adik berdoa untuk pulang. Salah satu adik memimpin doa diikuti oleh teman-teman lainnya. Sebelum pulang, setiap adik berpamitan, menyalami setiap volunteer yang hadir. Sekolah Ahad selesai, terima kasih volunteer yang telah hadir.

Leave A Response