English Fun Bersama Forum Kampung Bahasa Sulawesi

Posted on Mar 25 2016 - 1:29pm by KPAJ Makassar

SekolahAhad 20032016Ahad di pagi itu tampak sangat cerah, pepohonan yang tumbuh di sekitar danau Unhas nampak sesekali bergoyang. Serasi dengan warna hijau yang membias dari danau Unhas. Pagi yang menumbuhkan optimisme kala pertemuan sekolah ahad pagi itu tak seperti biasanya. Ahaa.. Sekolah Ahad mulai lebih cepat. Pengisi kegiatan Sekolah Ahad dan penanggung jawab, Kak Toto dan Kak Dayat telah berkumpul di depan Gedung Ikatan Alumni Unhas sejak pukul 09.10 Wita.

Begitu alas dibentangkan, Kak Dayat membuka laptopnya. Mencari lagu yang berjudul ‘Head, Shoulders, Knees, and Toes’ dari Dream English Kids. Lagu ini dipilih karena tema Sekolah Ahad ini yakni ‘English Fun’. Bahwa Bahasa Inggris itu menyenangkan. Tak lupa dua speaker kecil dipasangkan agar suaranya terdengar.

Kak Dayat mulai membuka kegiatan. Setelah itu, dimulai dengan memperkenalkan empat orang dari Forum Kampung Bahasa Sulawesi (FKBS). Nurbaya, salah satu adik Pasukan Bintang yang duduk disudut kanan terus tersenyum. Teramat senang dengan kehadiran kakak-kakak FKBS.

Perkenalan dimulai dari Kak Muflih. Kak Muflih diawal kegiatan mengatakan kalau dirinya sangat senang hadir bersama Pasukan Bintang. Pria dengan baju bertuliskan ‘Orang Miskin Harus Sekolah’ itu juga menjelaskan, bahwa FKBS juga sering memberi kegiatan pada adik-adik yang berada di panti asuhan dan penyandang difabilitas.

Kemudian dilanjut dengan Kak Wedi, Kak Rama, dan terakhir Kak Mehdi. Untuk Kak Mehdi, Pasukan Bintang sedikit heran. Sebab, warna kulit dan wajahnya sangat berbeda dengan orang Indonesia kebanyakan. Ketua Pasukan Bintang, Ipul, bahkan mengira kalau dia orang Australia. “kukira orang Australia ki’ kak,” kata Ipul.

Namun, perkiraannya tertolak setelah Kak Mehdi menjelaskan dirinya berasal dari Pakistan. Dirinya telah dua tahun berada di Indonesia dia bersama orangtuanya merupakan imigran yang hendak menyeberang meminta suaka ke pemerintah Australia.

Perkenalan selesai. Kak Dayat mengambil alih dan menunjuk satu dari adik Pasukan Bintang memimpin doa belajar. Usai berdoa, kakak-kakak FKBS memulai pengajarannya. Diambilnya dua papan tulis beserta spidol yang telah disediakan.

Pasukan Bintang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama untuk Pasukan Bintang yang berada di tingkat SD. Kelompok kedua untuk Pasukan Bintang yang berada di tingkat SMP dan SMA.

1884

1877

Untuk kelompok pertama, pelajaran akan dibimbing langsung oleh Kak Rama. Dan untuk kelompok kedua dibimbing langsung oleh Kak Wery.

Kelompok pertama belajar mengenal Alphabet dalam bahasa inggris. Pasukan Bintang, utamanya Wati, Duni dan Irfan sedikit kesulitan. Mereka masih bingung dengan huruf I, A, H, Y, dan beberapa huruf lainnya. Setelah Alphabet, Kak Rama memberikan kosakata yang berkaitan dengan anggota tubuh. Part of Body. Suasana sangat menyenangkan karena Kak Wery menyelipkan permainan dalam mengajar.

20160320_102922

Tak kalah seru dengan kelompok pertama, di barisan SMP dan SMA, Kak Wery memberi banyak vocabulary. Para siswa diwajibkan menghafal kosakata yang telah ditulis di papan. Selepas itu, Kak Wery menanyakan pada adik-adik Pasukan Bintang. Bagi yang salah, maka tangannya akan diberi garis hitam menggunakan spidol. Permainan yang dilakukan juga sangat menarik. Satu orang meragakan kosakata. Setelah itu yang lainnya menjawab. Sungguh menyenangkan.

Di akhir acara, FKBS mengajak Pasukan Bintang beserta kakak-kakak KPAJ menari. Tariannya disebut dengan Tarian Coconut. Sesekali adik-adik dan pengurus maupun volunteer KPAJ tertawa, tariannya yang mengundang gelak tawa sebab memperagakan huruf tersebut. Beberapa orang bahkan malu-malu.1900

1901

Sebagai penutup, kami dari KPAJ mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman FKBS. Semoga FKBS terus sukses dan berberkah kedepannya.

Leave A Response