Bincang KPAJ dan FOKUS (Forum Komunikasi Sosial)

Posted on Oct 22 2011 - 7:51am by KPAJ Makassar

Bismillah…

Beberapa hari yang lalu (19/10/11) KPAJ diundang untuk temu bincang bersama beberapa anggota dari organisasi pemuda FOKUS yang berdomisili di daerah Bontang, Kalimantan Timur.

Sekitar pukul 19.00 wita, kami memutuskan Rumah Makan Sentosa sebagai tempat untuk sekadar berbincang dan saling bertukar pengalaman malam itu. Sekitar 6 orang perwakilan dari KPAJ sementara 14 orang mewakili FOKUS.

 Menurut Sang ketua, Muslihuddin, FOKUS sendiri terbentuk di tahun 2008 dan sama seperti KPAJ, FOKUS juga berkecimpung di dunia pendidikan dan kesehatan. Yang membedakan hanyalah peserta didiknya. Jika di KPAJ menalangi anak-anak jalanan, di FOKUS lebih umum lagi, yakni anak-anak yang putus sekolah.

Di tahun 2008, FOKUS masih berada dibawah naungan almamater kampus STITEK BONTANG, akan tetapi pada tahun 2009, Muslihuddin dan beberapa rekannya memutuskan untuk melebarkan sayap dan memperluas jangkauan FOKUS itu sendiri. Menurut Muslihuddin, terbatasnya ruang gerak mereka merupakan faktor utama mengapa mereka memutuskan untuk berpindah naungan. Yang dulunya dibawahi Universitas, kini menjadi lebih luas lagi, seperti dibawah naungan Pemerintah Kota Bontang dan beberapa instansi perusahaan lainnya.

Kegiatan FOKUS ini sendiri rutin diadakan setiap 3 (tiga) bulan sekali. Salah satu hal yang mencengangkan dari kegiatan mereka, adalah karna mereka dengan keterbatasan anggota mampu menjangkau anak-anak yang tinggal hingga ke pelosok daerah. Cinta dan kemauan yang besar untuk memajukan bangsa tentunya menjadi faktor penguat untuk terus melakukan beberapa gebrakan di Kota Bontang.

Hampir sekitar satu setengah jam, kami saling bertukar pengalaman dalam dunia pendidikan. Dan pada akhirnya kami berkesimpulan untuk terus keep in touch dalam dunia pendidikan ini. Banyak hal yang dapat dipelajari dan dijadikan motivasi antara komunitas dan organisasi pemuda ini.

Diakhir acara, ada semacam tukar souvenir. KPAJ memberikan beberapa contoh kerajinan yang biasa dilakukan di kelas kerajinan KPAJ, sementara FOKUS memberikan sebuah souvenir khas Kalimantan Timur.

Kami sangat berharap suatu saat akan kembali bertemu dengan FOKUS. Entah di Makassar, Kalimantan, maupun di daerah lainnya. Amin.

Leave A Response