Belajar Pengembangan Diri di Tito Camp 3

Posted on Jul 5 2017 - 10:24pm by KPAJ Makassar

Kakak-kakak, busnya sudah ada di gedung GIA, mungkin bisa merapat…

Kurang-lebih seperti itu pesan dari Kak Hafizah – mahasiswi psikologi Universitas Hasanuddin – yang dikirim ke group via line sore itu, 10 Juni 2017. Bus telah terparkir sejak lebih dari sejam sebelum adik- adik siap berangkat ke Pucak Teaching Farm, Maros. Ini kali kedua Pasukan Bintang ke Pucak Teaching Farm. Sebelumnya Pasukan Bintang telah berkunjung ke sana untuk agenda Edukasi-Trip KPAJ akhir 2016 lalu. Kali ini mereka kembali datang dengan agenda berbeda yakni Tito Camp 3.

Tito Camp 3 adalah akhir dari serangkaian konsep kerjasama antara KPAJ dengan mahasiswa Unhas yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Pengabdian. Kerjasama ini berlangsung hampir tiga bulan. Sejak dijalinnya kerjasama pada april 2017 lalu, tim PKM telah mengisi belasan kali Sekolah Ahad di KPAJ dengan berbagai materi seputar psikologi; positive believe, Membangkitkan Jiwa Pahlawan dalam Diri, dan masih banyak materi lain yang tentunya dianggap tepat untuk adik-adik Pasukan Bintang.

Sore itu adalah sabtu yang cerah. Kak Toto, Kak Hafizah, dan Kak Nunu sudah standby di pinggir jalan raya depan Perintis Kemerdekaan VI bersama bus yang siap mengantar kami ke Pucak Teaching Farm. Kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari. Segala kebutuhan selama di sana telah dipersiapkan dengan cukup matang. Setelah Kak Toto memberikan pengarahan singkat di dalam bus, sopir akhirnya menginjak pedal gas untuk berangkat ke lokasi tujuan. Perjalanan berjalan lancar.

Kami tiba sekitar jam 5 sore, sehingga masih ada waktu yang cukup lengang untuk melakukan refleksi dan mempersiapkan segala hal sebelum waktu berbuka puasa tiba. Sekitar jam 9 malam, selepas Salat Tarawih, materi pertama oleh kakak-kakak dimulai. Adik-adik PB menerima materi bertemakan Positive Word dan Pengumpamaan Diri. Setelah itu mereka diminta untuk membedakan aktivitas keseharian yang termasuk dalam hal positif dan negatif.

Salah satu esensi dari materi ini adalah agar adik-adik PB tidak keliru dalam manjalani keseharian meraka, sebab boleh jadi dari banyaknya hal yang mereka lakukan selama ini, terdapat beberapa aktivitas negatif pula. Sehingga adik-adik di refresh akan hal yang positif dan negatif. Materi ini menjadi ujung dari kegiatan adik-adik PB di hari Pertama Tito Camp 3.

Hari kedua Tito Camp 3. Salah satu item hari ini adalah melakukan Game Penjelajahan. Namun, sekitar jam 8 pagi gerimis menyelimuti daerah Puca’ Teaching Farm. Awalnya, kakak-kakak memutuskan untuk melakukan game di area vila tempat tinggal dengan memanfaatkan lantai satu-duanya, tapi karena melihat semangat PB yang bergitu besar untuk game di luar, akhirnya game tetap dilaksanakan dengan konsep out door.

Pasukan Bintang dibagi menjadi tiga kelompok. Konsep kegiatan penjelajahan yaitu dengan melalui pos game yang terdiri dari tiga pos. Pos game harus dilalui secara estafet dari setiap kelompok. Acuan penilaian pada game ini adalah kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan tugas dari masing- masing pos. Dan, Kakak-kakak yang berada di setiap pos, juga akan memberikan sebuah clue game yang hanya dapat dipecahkan setelah melewati semua pos.

Pos Cocokkan Kalimat dan Kategori – Pos pertama pada penjelajahan ini di-handle oleh. Kak Toto dan Kak Nunu. Setiap kelompok mempersembahkan yel-yel kelompoknya terlebih dahulu sebelum Kak Toto menjelaskan tentang game di pos ini. Game-nya sangat mudah. Masing-masing kelompok harus mengambil sepuluh helai kertas kecil yang telah tertulis kalimat di atasnya. Adik-adik mesti menggolongkan mana yang termasuk kalimat positif dan negatif dengan waktu secepat mungkin.

Pos Ini Pahlawannya Siapa, ya? – Pos kedua di-handle oleh Kak Adibah. PB diberi tugas untuk menjawab nama pahlawan berdasarkan clue yang tersedia di pos tersebut. Pos Mana yang Lebih Banyak – Nah, di pos yang terakhir ini ada Kak Diana dan Kak Mitha. Game di pos ini ada kemiripan dengan yang di pos pertama. JIka di pos pertama adalah kalimat positif dan negatif, di sini adalah ‘kata’ positif dan negatif. Hanya saja, bagian yang paling menantangnya adalah PB harus menghafal kata tersebut dan menulis di sebuah kertas secara terurut berdasarkan abjad.

 

Leave A Response