Berbagi, Bermain, dan Belajar di EduTrip

Posted on Apr 7 2015 - 3:25pm by KPAJ Makassar

Hati Bersih, Badan Kuat, Otak Cerdas, daaan Semangat!

Sekolah Ahad tanggal 5 April 2015 kali ini cukup berbeda. Yang biasanya kegiatan belajar mengajar bertempat di depan gedung Ikatan Alumni Unhas (dekat danau), kali ini berkolaborasi dengan komunitas Pajappa, Makassar Berkebun, 1000 Guru, dan gerakan Berbagi Nasi, mengajak adik – adik Pasukan Bintang untuk lebih mengenal alam.

Bertempat di kebun milik kak Tri Pajappa, di Desa Bella Bori, Parangloe – Gowa, setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Danau Unhas, kegiatan ini dimulai dengan sharing tentang pentingnya mencintai alam. Kata kak Arfan, mencintai alam bisa dimulai dari yang paling sederhana, yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan.

IMG_20150405_114448

Pentingnya mencintai alam, oleh kak Arfan

Setelah itu, adik -adik diperkenalkan beberapa alat pendakian / camping sederhana, seperti tenda, kompor, nesting, tabung gas, headlamp, matras, dan lain – lain.

IMG_20150405_121151

Kak Na’ sedang mengenalkan alat – alat camping

Tenda yang tadi diperkenalkan kak Na, kemudian oleh adik – adik langsung dipraktekkan bagaimana cara mendirikan dan membongkar tenda.

Untitled-3

Praktek mendirikan-bongkar tenda, dipandu kak Ian dan kak Tri

Berpetualang di alam terbuka merupakan hal yang menarik. Ada banyak hal yang harus diketahui agar aman dan nyaman dalam berpetualang. Salah satunya adalah membuat tempat perlindungan sementara / bivak, jika keadaan tidak memungkinkan untuk mendirikan tenda. Bivak merupakan salah satu kemampuan wajib survival, karena pembuatannya mudah dengan peralatan yang seadanya. Bagaimana cara membuat bivak?

Untitled-2

Ada kak Enal dan Kak Lenka yang menjelaskan tentang bivak dan cara membuatnya

Salah satu cara untuk mencintai alam, selain tidak membuang sampah sembarangan, dapat juga dilakukan dengan menanam pohon. Kali ini adik – adik diajak untuk ikut menanam bibit pohon. Sebanyak 6 bibit pohon mangga yang secara beramai – ramai ditanam siang itu di kebun. Yang kemudian dilanjutkan dengan istirahat sambil menikmati nasi bungkus dari kakak – kakak Berbagi Nasi.

Untitled-1

Ayo tanam pohon! kata kak Appy

Menjelang sore, kegiatan dilanjutkan. Dan saatnya ………. bermain. Yaiy! Meski langit berubah dari terik menjadi mendung dan kemudian perlahan hujan mulai turun, tapi tidak menyurutkan semangat untuk bermain. Adik – adik yang dibagi menjadi 4 kelompok, masing – masing didampingi oleh gabungan kakak – kakak volunteer. Canda tawa memenuhi tanah lapang yang becek karena hujan. Sungguh menyenangkan!

ATT_1428379076209_1428237736310

Berbagi, bermain dan belajar menjadi satu di edutrip Pasukan Bintang kali ini. Terima kasih untuk kolaborasi kerennya kakak – kakak Pajappa, Makassar Berkebun, 1000 Guru, dan Berbagi Nasi. Semoga tetap bisa bersinergi lagi ke depannya :D.

 

Beberapa tulisan tentang edutrip Pasukan Bintang:
~ KanrePagi: BerbagiNasi bukan melulu berbagi nasi!
~ Salam Lestari dari Pasukan Bintang

Leave A Response