Bemain, Berlibur, Belajar di Pucak Teaching Farm

Posted on Nov 14 2016 - 5:18pm by KPAJ Makassar

Hari ahad seperti biasa akan dilalui oleh adik-adik dengan berjalan kaki dari rumah mereka di Perintis Kemerdekaan VI menuju ke depan Gedung Ikatan Alumni (GIA) Unhas untuk mengikuti rangkaian Sekolah Ahad. Namun berbeda dengan biasanya, ahad (13/11/2016) kali ini Pasukan Bintang (PB) tidak akan melalui sekolah ahad di tempat biasa. Mereka telah siap dan berkumpul sejak pukul 07.00 wita di pelataran GIA untuk berangkat ke tempat sekolah ahad kali ini, Pucak Teaching Farm Maros. Ahad kali ini akan dilalui adik-adik dengan bersekolah ahad bersama volunteer baru Tim 1 yang telah lulus dalam Open Recruitment volunteer sebulan yang lalu.

Kami, tim pengurus telah menyiapkan serangkain games yang akan dilalui dalam sekolah ahad kali ini. Sebelum berangkat ke lokasi, adik-adik dan volunteer menerima aturan dan penyampaian penting lainnya. Usai melakukan briefing dan berdoa, adik-adik dan volunteer naik ke pete-pete dan siap berangkat ke Lokasi. Perjalanan memakan waktu sekira 30 menit. Kami melalui jalur BTP untuk mencapai Pucak Maros. Tiba di lokasi, adik-adik berbaris sesuai kelompok yang telah dibagikan. Mereka berbaris dan masuk dengan rapi untuk selanjutnya menerima briefing sebelum games dimulai.

fun-trip-1311-pucak_3008

                                                                                  Briefing Sebelum ke Lokasi

Permainan pertama yang akan mereka terima adalah permainan “Oper Sarung” yang dikoordinir oleh Kak Ummul. Permainan ini sederhana namun rumit. Mereka berbaris bersaf sesuai kelompok dan dibagikan masing-masing satu sarung. Sarung yang telah diterima dililit dan dikalungkan kepada salah satu adik yang paling kiri sebagai anggota pertama yang memulai permainan. Permainan  dimulai, sarung dioper dengan memindahkannya tanpa menyentuh sarung memakai tangan. Sarung harus melewati semua anggota yang ikut bermain tanpa disentuh tangan. Anggota lainnya sibuk berteriak dengan gemas dan memberi semangat.

fun-trip-1311-pucak_5052

Permainan selanjutnya adalah “Ular Tangga”. Tim yang menyusun permainan menggambar dua denah yang akan mereka lalui. Kak Arif terlebih dahulu memisahkan dua kelompok sebagai pemain part 1. Masing-masing tim matanya ditutup dengan kain. Mereka akan melewati rute Ular Tangga dengan mata tertutup dan mengandalkan arahan dari pendamping mereka. Dengan pose seperti ular, mereka bersusun dan saling memegang bahu agar tidak terpisah saat permainan dimulai. Kunci dari permainan ini adalah kefokusan mendengar suara pendamping dan kekompakan setiap anggota.

fun-trip-1311-pucak_5510

                                                     Kalau yang ini kakaknya yang main 🙂

Permainan terakhir diberi nama “Melangkah Bersama”. Permainan ini dipandu langsung oleh Kak Ramli. Kelompok yang telah ada sebelumnya, dipisah seperti sebelumnya. Setiap dua kelompok kakinya diikat dengan tali rapiah dan saling bertanding mencapai finish lebih dulu. Masing-masing kelompok harus menyusun strategi tentang kaki yang mana yang akan melangkah lebih dulu, aba-aba saat melangkah hingga strategi saat terjatuh. Setiap anggota harus kompak saat bermain karena permainan ini memerlukan kekompakan masing-masing anggota. Di tengah permainan, pengikat kaki mereka diganti dengan kain karena ternyata menggunakan tali rapiah membuat kaki mereka sakit saat melangkah.

fun-trip-1311-pucak_5041

Permaianan telah selesai. Tahap terakhir sekolah ahad kali ini adalah memberikan mereka waktu untuk bermain dan berenang. Meskipun mereka hanya diberi waktu 30 menit untuk berenang mereka tetap tertib saat diberi peringatan untuk segera berhenti. Ya, meskipun setelah kakak-kakak volunteer teriak-teriak tentunya hihihi. Sekolah ahad kali ini telah selesai, meskipun mereka harus ada yang menang dan kalah namun keriaan sekolah ahad kali ini jauh lebih terasa. Terima kasih kakak-kakak volunteer yang telah bergabung, sampai jumpa ahad depan 🙂

Leave A Response