Belajar Mengenal Gizi dan Gigi yang Sehat

Posted on Mar 20 2016 - 7:07pm by KPAJ Makassar

7431Minggu, 13 Maret 2016. Sekolah Ahad hari ini mungkin yang paling menyenangkan sekaligus yang tersedih. Menyenangkan karena apa? Sebab, yang pertama kalinya, Pasukan Bintang diajar langsung oleh orang Jepang. Atau lebih tepatnya dibimbing langsung oleh teman-teman dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Adapun yang menyedihkannya karena satu dari Volunteer terbaik KPAJ, yakni Kak Rieko harus kembali lagi ke Jepang dalam waktu yang cukup lama.

Kegiatan dibuka langsung oleh Penanggung Jawab Sekolah Ahad, Kak Dayat. Setelah itu, teman-teman dari Jepang mulai memperkenalkan diri. Mulai dari nama, pekerjaan, dan tempat bermukim. Shunsako, Tomoko, Reiko, Tomomi, Mami, Yuko dan Yui. Profesi mereka bermacam-macam. Ada yang bertindak sebagai guru, pengurus koperasi, konsultan gizi, dan lain-lain.

Sehabis memperkenalkan diri, kegiatan diambil alih oleh Kak Rieko. Ia memberitahu kepada adik-adik Pasukan Bintang bahwa penting untuk menjaga kesehatan diri. Karena, salah satu cara menghargai diri sendiri yakni dengan menjaga kesehatan.

Selepas Kak Reiko, kegiatan dilanjutkan oleh Kak Tomomi.

7430

27826Awalnya, Kak Tomomi memperlihatkan dua buah gambar. Gambar buah-sayuran dan gambar makanan yang manis-manis (Seperti cokelat, gula-gula, dan coca-cola).

“Suka yang mana?” tanya Kak Tomomi.

Pasukan Bintang agak malu-malu. Karena kalau mereka memilih makanan yang manis-manis, pasti akan ditertawakan oleh teman yang lain.

Selesai memilih, Kak Tomomi memperlihatkan gambar gigi yang sehat dan gigi yang rusak. Perempuan berambut seperti Dora itu menjelaskan bahwa gigi yang rusak itu akibat sering makan yang manis dan juga sering merokok. Untung di Pasukan Bintang nggak ada yang merokok.

Setelah itu, dilanjutkan dengan praktek menyikat gigi yang benar. Pasukan Bintang sempat heran. Karena sikat gigi orang Jepang sangat berbeda dengan sikat gigi di Indonesia. Rambut sikat giginya kecil. Pasukan Bintang sangat senang. Satu persatu adik-adik Pasukan Bintang diberikan sebuah gelas untuk membersihkan sikat gigi dan berkumur-kumur.

“Kakak akan berikan sikat gigi ini lagi, asalkan kalian janji agar rajin menyikat gigi.”

“Janji, Kak.”

Riuh adik-adik mengambil sikat gigi.

Setelah edukasi tentang pentingnya merawat gigi, kegiatan dilanjutkan dengan memperkenalkan makanan-makanan yang bergizi oleh Kak Tomoko. Tak kalah serunya dengan Kak Tomomi, Kak Tomoko mengajak Pasukan Bintang bermain memasangkan kartu sesuai dengan kelompok yang tercantum. Kelompok tersebut adalah kelompok tenaga, pembangun, dan pengatur.

27814

27815

27816Untuk kelompok tenaga, kartu yang dipasangkan ialah kartu yang bergambar makanan-makanan pokok. Seperti; Nasi, ubi, kentang, dan roti. Untuk kelompok pembangun ialah makanan yang mengandung protein. Seperti; susu, udang, telur, dan ikan. Untuk kelompok pengatur ialah makanan yang berupa buah-buahan dan sayuran.

Setelah kegiatan edukasi selesai, kami bernyanyi bersama. Lagu yang kami bawakan ialah lagu Doraemon versi Jepang. Saking senangnya bernyanyi lagu ini, kami sampai mengulangnya hingga dua kali.

Di akhir acara, air mata mulai keluar. Sebab, para Volunteer KPAJ dan adik-adik Pasukan Bintang memberikan kesan dan pesan terakhir kepada Kak Rieko yang sebentar lagi Ke Jepang.

“Terima kasih banyak buat Kak Rieko yang selama ini mau mendampingi kami,” Kata Kak Bina.

“Jangan lupakan kami, Kak. Semoga kakak bisa sukses di sana,” kata Sukma.

Terlihat Kak Rieko mengusap buliran air matanya. Yang lain juga ikut terharu. Terbawa suasana.

Pesan Kak Rieko sebelum pulang, semoga adik-adik Pasukan Bintang bisa terus belajar dan semoga sukses agar bisa menyusul ke Jepang.

Leave A Response