5 Tahun Melangkah Bersama

Posted on Feb 28 2015 - 3:31pm by KPAJ Makassar

Semoga kpaj panjang umur, dan kakak-kakak kpaj tidak pernah putus mengajar di KPAJ. Saya putri, saya sudah tidak sekolah tapi saya merasa saya seperti sekolah karena kakak-kakak selalu mengajarkan kami semua yang terbaik..

Salah satu pasukan bintang, Putri menulis harapannya yang singkat untuk KPAJ di-usianya yang ke-5 tahun. Pasukan Bintang (PB) yang lain juga melakukan hal yang sama dengan keluguannya masing-masing dan tulisan yang cukup sulit untuk dibaca. Hari ini, 15 Februari 2015 bertepatan dengan hari terbentuknya KPAJ 5 tahun silam. Waktu yang tidak sebentar namun juga tidak pernah cukup untuk terus memberikan pendidikan untuk adik-adik PB.

22 Februari 2015, hari masih pagi dan seharusnya hari ini sekolah ahad, tapi adik PB datang lebih awal dari biasanya dan berkumpul di Gedung Ipteks Unhas. Kakak-kakak berkumpul di samping danau unhas sibuk ini dan itu mempersiapkan perayaan milad hari ini. Lima tahun kpaj hari ini dirayakan dengan penampilan seni dari PB dan games yang akan melibatkan volunteer. Pukul 11.00 wita, beberapa volunteer telah berkumpul, pentas seni dimulai dengan penampilan tari Padduppa, kemudian sambutan oleh ketua PB (Agung) dan ketua KPAJ (Kak Rivaldi) disusul pembacaan puisi oleh adik Andika, tari Tulolonna Sulawesi dan terakhir adik PB berkumpul di ‘panggung’ menyanyikan lagu PB. Pentas seni ini merupakan hasil dari latihan adik-adik dalam kelas khusus yaitu kelas seni setiap hari Ahad di rumah belajar.
altAh3RjB--T5H3urSGHAU7FGyc-5P9jW8dRQjSu15vw4KW[1]

Setelah pentas, volunteer dan pasukan bintang duduk bersama untuk makan siang bersama. Games baru dimulai pukul 13.00 wita, sebelumnya adik PB dibagi ke-dalam 6 kelompok yang terdiri dari 8 orang adik dan didampingi dua orang kakak pendamping per kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membuat nama kelompok dan yel-yel. Games kali ini dibuat untuk bersenang-senang sekaligus melatih kerjasama tim, kekompakan dan kesabaran PB dan kakak yang mendampingi. Ada enam games yang harus dilewati oleh setiap tim.Games pertama yaitu part of body, games ini melatih pengetahuan berbahasa inggris PB. kakak pendamping berdiri menjadi model dan adik PB maju satu persatu mengambil kata di wadah dengan tulisan berbahasa inggris yang harus dicocokkan dengan wajah yang akan ditempel kata tersebut. Selanjutnya games Estafet Bambu bentuknya adalah setiap kelompok memegang 3 bambu yang dipegang masing-masing dua orang lalu satu orang harus berjalan diatas bambu tanpa terjatuh sampai ke finish. Games ketiga diberi nama Melangkah Bersama karena model permainan ini melibatkan setiap tim untuk bisa melangkah secara bersamaan sampai finish dengan kaki saling terikat satu sama lain.

altAmATfL1nuxixpBG5H5BpVyWtiwlDVpaswD2VVeb1KQNx[1]

Games keempat yaitu Pipa Bocor. Games ini menyediakan pipa panjang dengan bocoran dimana-mana dan bola dalam pipa yang harus naik keatas dengan mengisi air kedalam pipa. Games kelima diberi nama  Labirin Rasa, karena setiap peserta harus menggunakan penutup mata dan melewati labirin yang sudah dibuat sedemikian rupa dengan penuh perasaan. Satu orang dalam setiap tim bertugas mengarahkan anggota lainnya untuk melewati labirin. Games terakhir bernama Ulat Bulu . Adik-adik harus dalam posisi duduk dan menautkan kaki kedepan perut teman lainnya. Jadi mereka dalam posisi duduk dan bergerak seperti ulat bulu berusaha mencapai finish, sesampai di finish, barisan paling depan harus mengambil terigu di tangan dan mengoper ke belakang hingga kebarisan paling belakang. Kelompok yang paling banyak mengumpulkan terigu adalah kelompok yang menang. Setiap games menyiapkan bendera untuk masing-masing juara, lalu di akhir permainan bendera dikumpul untuk melihat pemenang dari seluruh rangkaian games.

altAg20L41e8-0lSmO0RbbUOSfCLqQXAN0Aw0agx1cDzQev[1]

Setelah games berakhir dan istirahat sejenak. Sebelum hadiah dibagikan, adik-adik mengungkapkan harapan mereka untuk kpaj kedepannya dan untuk kakak-kakak volunteer. Kakak-kakak juga mengungkapkan harapan mereka untuk adik-adik di waktu yang akan datang agar mereka lebih rajin lagi untuk belajar, mengejar cita-cita, dan terus bersemangat . Setelah itu, hadiah dibagikan untuk setiap juara dan juga hadiah untuk pendamping terheboh . Seluruh rangkaian milad pun berakhir, adik-adik pulang dengan berpamitan dan dalam keadaan basah dan kotor setelah bermain . Perayaan sederhana hari ini semoga bisa lebih mengakrabkan volunteer yang baru bergabung dengan adik-adik PB dan juga bisa memberi suntikan semangat untuk adik-adik lebih semangat lagi mengejar cita-cita mereka. Terima kasih telah datang,  kakak – kakak 😉

Leave A Response